PERSIAPAN MOTORGP 2021, BANGUN DI LOMBOK

NEWS

PERSIAPAN MOTORGP 2021, BANGUN DI LOMBOK

LIPUTAN7JAKARTA | Lombok bakal berbenah cepat untuk persiapan MOTOGP 2021, salah satunya membangun tiga infrastruktur penting. Apa itu ?

Kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sudah dipastikan jadi venue perhelatan motoGP di Indonesia sedari 2021 hingga 2023. Menyisakan waktu dua tahun, persiapan pun dikebut sedari sekarang, terutama soal infrastruktur.

Tiga infrastruktur yang dimaksudkan adalah pembangunan pelabuhan, jalan tol, dan runway Bandara Internasional Lombok sebagai sarana pendukung perhelatan event MotoGP nanti.

Komitmen itu disampaikan Presiden Joko widodo kepada Pemprov (Pemerintah Provinsi) NTB di sela kunjungannya pada Jumat (22/3) kemarin. Jokowi datang untuk melihat langsung progres pembangunan rumah tahan gempa di Pengempel Indah, Bertais, Kota Mataram.

Kemudian yang paling penting isinya MotoGP. Kita sudah mendengar janjinya (Presiden Jokowi) bahwa ada tiga hal yang akan dilakukan perbaikan.

Tiga infrastruktur yang dimaksudkan yaitu :
1. Pembangunan pelabuhan
2. Jalan tol, dan
3. Runway Bandara Internasional Lombok sebagai sarana pendukung perhelatan event MotoGP nanti.

Mudah-mudahan sebelum 2021 sudah selesai. Saya kira itu hadiah luar biasa buat NTB.

MotoGP Mandalika Diragukan Orang Terkaya RI, Begini Respons Pengelola
Salah satu orang terkaya Indonesia, Dato’ Sri Tahir meragukan gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika akan mendatangkan penonton. Ia mencontohkan gelaran F1 di sejumlah negara yang tidak mendapat keuntungan.

Menanggapi hal tersebut, VP Corporate Secretary Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Miranti N Rendranti meyakini, MotoGP Mandalika akan diserbu penonton. Apalagi, kata dia, Indonesia punya basis penggemar yang besar.

Lihat juga : BUPATI CIREBON SUNJAYA MELAKUKAN PENCUCIAN UANG

Hal tersebut juga sejalan pernyataan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta selaku pemegang lisensi MotoGP saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Indonesia penting untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Terlebih, banyak fans MotoGP di Indonesia. Kata dia, Asia adalah wilayah terpenting untuk industri sepeda motor di dunia. Apalagi Indonesia yang merupakan salah satu pasar terbesar sepeda motor. Dengan populasi besar dan minat mereka (masyarakat Indonesia) pada motor sport, ini sangat penting.

Selain itu, dia menuturkan, penyelenggaraan MotoGP juga mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat dan daerah. Jelasnya, pemerintah pusat telah berkomitmen meningkatkan aksesibilitas ke kawasan melalui pembangunan infrastruktur berupa penyiapan akses jalan langsung/bypass sepanjang 17 km dari Lombok International Airport (LIA) ke The Mandalika.

Lalu, perpanjangan lintasan pesawat (runway) di bandara, pengembangan Pelabuhan Gili Mas untuk menjadi cruise terminal, serta dukungan promosi dari Kementerian Pariwisata.

Sedangkan dukungan Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Tengah diberikan guna menjamin terwujudnya penyelenggaraan MotoGP di The Mandalika mulai 2021, salah satunya melalui pembentukan Satuan Tugas Gabungan Percepatan Pembangunan The Mandalika oleh Pemkab dan Forkopimda Lombok Tengah.

Melalui hal tersebut, ia yakin, gelaran MotoGP akan mendatangkan 100 ribu penonton.

Dengan dukungan banyak pihak, kami optimistis target penonton dapat mencapai lebih dari 100 ribu penonton selama penyelenggaraan event MotoGP,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *