PERINGATAN BENDERA SETENGAH TIANG TAK BANYAK BERKIBAR

NEWS

PERINGATAN BENDERA SETENGAH TIANG TAK BANYAK BERKIBAR

 

LIPUTAN7 – JAKARTA | Dalam rangka memperingati peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI, banyak warga di surabaya jawa timur tidak mengibarkan bendera merah putih setengah tiang.

Saya lupa kalau hari ini memperingati G30S/PKI,” kata salah seorang warga Medayu Utara Surabaya, Udin, di Surabaya, Senin 30 September 2019.

Di sepanjang Jalan Medayu Utara, khususnya di gang-gang, tampak sepi dari bendera merah setengah tiang. Ada warga yang memasang bendera setengah tiang, namun bisa dihitung jari.

Begitu juga halnya di perkampungan lain seperti Pandugo, Panjaringan Sari dan lainnya juga terlihat sepi. Bahkan di sepanjang kawasan perniagaan di Jalan Ir. Soekarno (MERR), Jalan Kertajaya, Jalan Raya Gubeng, jarang terlihat bendera setengah tiang dikibarkan.

Lihat juga : MAHASISWA DAN AKTIVIS DI TANGKAP

Hal sama juga dikatakan Indra, warga Panjaringan Sari. Ia mengaku, satu hari sebelum hari H, sudah diberitahu oleh ketua RT-nya melalui grup layanan pesan singkat agar memasang bendera setengah tiang.

Menurut dia, situasi dan kondisi politik Indonesia mulai berubah, apalagi dengan perubahan rezim.

Selain itu, lanjut dia, ideologi Pancasila masih sebatas pigura dan hanya ritual saja, tapi tidak mewujud dalam laku dan kebijakan negara. Kondisi elit di atas berdampak kepada kondisi di tingkat masyarakat.

Untuk memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada putra terbaik bangsa, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie yang telah wafat pada 11 September 2019 di Jakarta.

Pemerintah RI juga telah menetapkan bahwa pengibaran bendera setengah tiang untuk penghormatan kepada BJ Habibie selama tiga hari dari tanggal 12 hingga 14 September 2019 sebagai Hari Berkabung Nasional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *