MANTAN PRESIDEN MESIR M.MORSI MENINGGAL MENDADAK

NEWS

MANTAN PRESIDEN MESIR M.MORSI MENINGGAL MENDADAK

LIPUTAN7-JAKARTA | Mohammed Morsi ambruk di ruang sidang

Di dalam kerangkeng besi tempatnya dikurung selama proses pengadilan berlangsung, Ia diperkarakan dalam kasus spionase terkait dugaan kontak dengan kelompok Hamas di Palestina.

Kerangkeng besi itu berlapis kaca kedap suara. Konon agar ia tak banyak omong. Versi aparat Mesir, kurungan tersebut didesain untuk mencegahnya berulah dan mengganggu jalannya persidangan.

Salah satu pengacaranya, Kamel Madour mengatakan, dalam pidato di menit-menit terakhir hidupnya, Morsi bersikukuh bahwa ia adalah presiden sah Mesir dan menuntut pengadilan khusus. Ia tak sudi diadili sebagai kriminal.

Tak hanya itu yang diungkap M.Morsi Pria 67 Tahun memperingatkan, ia punya ‘banyak rahasia’ yang ingin diungkap.

Menurutnya, jika terkuak, rahasia-rahasia itu akan membuatnya dibebaskan dari jerat hukum. Namun, Morsi menambahkan, informasi-informasi tersebut bersifat gawat. Bisa jadi membahayakan keamanan nasional Mesir. Itu mengapa ia memilih bungkam. Bahkan pada para pengacaranya sendiri.

Apa yang terjadi di ruangan sidang?

Morsi pingsan tidak lama setelah berpidato di pengadilan di Kairo dalam kasus mata-mata terkait dugaan kontaknya dengan kelompok Islam Palestina, Hamas, yang memiliki hubungan dekat dengan Ikhwanul Muslimin.

Dia berbicara selama sekitar lima menit dari dalam kerangkeng berdinding kaca kedap suara, yang menurut para pejabat dirancang untuk mencegahnya mengganggu proses persidangan.

Morsi dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit pada pukul 16:50 waktu setempat dan laporan awal tidak menunjukkan adanya tanda-tanda cedera pada tubuhnya, kata jaksa penuntut umum.

Selama di penjara, Morsi hanya diizinkan tiga kali kunjungan dari keluarganya dan tidak diberi akses kepada pengacara atau tim dokternya, demikian kelompok hak asasi manusia, Amnesty International.

Tak jelas apa rahasia yang dimaksud Morsi. Pihak pengacara maupun penguasa Mesir belum memberikan komentar.

Ikhwanul Muslimin menuduh, pemerintah ‘membunuhnya secara perlahan’ selama bertahun-tahun di penjara yang kondisinya terpuruk. Ia juga nyaris tak boleh dikunjungi.

Enam tahun sudah Morsi ditahan di sel isolasi, usai digulingkan lewat kudeta berdarah.

Pihak berwenang diduga menghentikan pemberian obat-obatan penting untuk mengatasi penyakit yang ia derita: diabetes, tekanan darah tinggi, dan liver.

Kelompok itu menuntut penyelidikan internasional atas kematian M.Morsi dan meminta warga Mesir untuk menggelar demonstrasi di semua kantor perwakilan Mesir, di manapun di muka Bumi.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *