ARUS BALIK LEBARAN TERLIHAT PADAT MERAYAP

NEWS

ARUS BALIK LEBARAN TERLIHAT PADAT MERAYAP

 

LIPUTAN7- JAKARTA | Arus balik lebaran Idul Fitri 2019 mulai terasa di ruas Tol Trans Jawa, Geliat kembalinya pemudik.

Pantauan di Sragen, kemacetan mulai terjadi sekitar 200 meter sebelum Gardu Tol Sragen. Meski demikian, kemacetan cukup terkendali karena transaksi di gardu untuk setiap kendaraan yang masuk relatif cepat, yaitu 3-5 detik/kendaraan.

Relatif cepatnya proses transaksi tersebut karena petugas PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) memudahkan proses transaksi dengan cara jemput bola di setiap kendaraan yang antre.

Terlihat petugas meminjam kartu e-tol pengemudi kendaraan di antrean kedua untuk kemudian membantu proses “tapping” atau tempel kartu di gardu sehingga saat pengendara sampai di gerbang tol bisa langsung mengambil kartunya.

Lebih cepat, jadi saat saya berada di antrean kedua itu kartunya diminta.Awalnya bingung karena saya kan bisa menempelkan sendiri.

Ternyata untuk mempercepat. Jadi saat kendaraan di depan mulai melaju, kartu e-tol saya ditempelkan. Saat saya sampai di palangnya tinggal ambil kartu kemudian palang langsung terbuka.

Mengularnya kendaraan arah masuk juga terlihat di Gerbang Tol Colomadu hingga mencapai sekitar 500 meter. Untuk di gerbang tol ini ada dua gardu tol eksisting dan tiga gardu satelit yang dioperasionalkan.

Terlihat petugas PT JSN dibantu oleh petugas kepolisian mengarahkan para pengemudi yang masuk ke lajur tiga untuk terus melaju hingga sampai di gardu satelit dengan tujuan memecah antrean.

“Kita tetap siaga dan terus berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, seperti pihak BPTD selaku pemegang otoritas daripada jadwal kapal,” ujarnya

PT ASDP mengoperasikan 64 kapal untuk menghadapi arus balik di lintas Bakauheni-Merak. Kondisi kepadatan diperkirakan terus berlangsung hingga Minggu (9/6) besok.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *