KEMENANGAN JOKOWI DI AKUI DUNIA

NEWS

KEMENANGAN JOKOWI DI AKUI DUNIA

 

LIPUTAN7 – JAKARTA | Dunia internasional kagum atas penyelenggaraan Pemilu 2019 di Indonesia. Hal ini menunjukkan bukti nyata dari perhatian dunia terhadap pelaksanaan Pemilu. Rakyat Indonesia perlu mensyukuri pengakuan pemimpin-pemimpin negara terhadap pesta demokrasi di Indonesia.

Bayangkan, terdapat 813.350 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 34 provinsi, 514 kabupaten/ kota, puluhan ribu desa, dan ribuan kelurahan. Angka partisipasi terbilang tinggi yaitu sekitar 81 persen dari total kurang lebih 192 juta pemilih.

Dia menjelaskan, bukan pekerjaan mudah bagi jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tingkat pusat hingga daerah melaksanakan Pemilu Legislatif (Pileg) serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang berlangsung serentak.

Pak Jokowi sudah menyampaikan, ada 25 pemimpin negara sahabat yang memberikan selamat. Antara lain Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Dll.

“Tahniah kepada Bapak @Jokowi atas kemenangan secara resmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara dua negara akan semakin erat selepas ini”

Ucapan selamat juga disampaikan PM Singapura Lee Hsien Loong, atas terpilihnya kembali Jokowi untuk masa jabatan kedua 2019-2024.

Selama masa jabatan pertama Anda, hubungan Singapura-Indonesia dibuat kemajuan yang signifikan. Kami bersama-sama meluncurkan Taman Industri Kendal pada tahun 2016, dan memperingati 50 tahun hubungan bilateral (“RISING 50”) pada 2017.

“Ho Ching (Istri Lee) dan saya berharap Anda dan lbu Iriana terus sehat dan sukses. Saya berharap dapat melihat Anda di KTT ASEAN di Bangkok bulan berikutnya.”

Mendengar kabar kemenangan kandidat petahana, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe juga memberikan ucapan selamat kepada Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Bahkan, kata Umbas, pemimpin-pemimpin dunia melihat pemilu di Indonesia telah berlangsung dengan baik dan menyampaikan selamat kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Amin).

Di sisi lain, sejumlah pemimpin dunia mengucapkan selamat atas kemenangan  Pilpres 2019.

Pengumuman KPU menuai reaksi beragam, Para pendukung tentu saja girang. Sementara suporter lawan yang tak senang menggelar aksi jalanan di depan Gedung Bawaslu di Jalan MH Thamrin.

Prabowo-Sandiaga akhirnya mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Sementara itu, aksi yang terjadi pada 21 dan 22 Mei diwarnai kericuhan. Massa terlibat bentrok dengan aparat di depan Bawaslu, juga di Slipi, memicu korban luka juga korban jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *