JATUHNYA PESAWAT LION AIR JT 610 DI UNGKAP KEMUNGKINAN PENYEBABNYA

NEWS

JATUHNYA PESAWAT LION AIR JT 610 DI UNGKAP KEMUNGKINAN PENYEBABNYA

 

LION AIR JT 610

Liputan7 – JATUHNYA PESAWAT LION AIR JT 610 DI UNGKAP KEMUNGKINAN PENYEBABNYA , Ungkap pakar penerbangan ( perdospi ) prihatin pada tragedi yang terjadi pada pesawat lion air rute Jakarta – Pangkal Pinang pada hari senin pagi 29 Oktober 2018 . Sampai saat ini , Perdospo masih menunggu hasil evakuasi investigasi Komite nasional keselamatan Transportasi ( KNKT ) tentang penyebab terjadinya kecelakaan pada pesawat lion air Jt 610 .pada umumny, menurut perdospi, penyebab kecelakaan Pesawat tidak hanya karena 1 faktor.

“Dalam kecelakaan pesawat terbang, umumnya penyebab adalah multifaktorial, jarang sekali yang menjadi penyebab tunggal,” kata Ketua Umum Perdospi 2018-2021, Dr dr Wawan Mulyawan SpBS, SpKp.Kecelakaan pesawat karena kesalahan manusia (human factor) hanya salah satu sebab saja yang mungkin terkait atau tidak terkait seperti disampaikan tim liputan 7 dalam rilis yang diterima .

 

Take-off, kecelakaan terbanyak kedua

Berdasarkan data yang diterima Perdospi, diperkirakan pesawat Lion Air JT 610 masih dalam fase take-off yang terbang dari Bandara Soekarno Hatta belum mencapai ketinggian yang direncanakan. Kecelakaan saat take-off merupakan kecelakaan terbanyak kedua selain saat landing.

“Berdasarkan data yang ada dalam kecelaaan saat take-off, umumnya dari multifaktorial yang ada, penyebab terbanyak adalah technical error. Walaupun, lebih kecil kemungkinan, faktor manusia masih mungkin terjadi,” katanya lagi.

 

 

 

 

 

 

 

Perdospi siapkan investigator human factor

Perdospi telah mengerahkan sumber daya manusia untuk menyelidiki kejadian-kejadian kecelakaan pesawat udara, termasuk kecelakaan Lion Air ini. Saat ini ada tiga investigator kecelakaan pesawat terbang di KNKT yang merupakan anggota Perdospi. Yakni dr Hidayat, SpB, SpKP (aktif), dr Djunadi, MS, SpKP (aktif), dr Herman Muljadi, MS, SpKP.

Ketiga para anggota Perdospi yang berada di KNKT tersebut diminta stand by oleh KNKT jika sewaktu-waktu harus diberangkatkan ke lokasi kecelakaan untuk menjadi investigator di bidanghuman factor.

Terlepas dari penyebab kecelakaan pesawat Lion Air JT-610, Perdospi merekomendasikan agar setiap maskapai penerbangan memiliki sumber daya manusia dengan spesialiasai Kedokteran Penerbangan (SpKP). Kehadiran dokter ini untuk meminimalisasi human error dalam kecelakaan penerbangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *